10 Feb 2015

Kisah tentang Medusa sang Gorgon

Medusa
Kalau pada kisah sebelumnya penulis membahas tentang Perseus pahlawan hebat yang memenggal kepala medusa, maka kali ini penulis akan mencoba menuliskan lebih detail tentang Medusa sang Gorgon (bukan musuhnya kotaro minani atau temennya Tarsan dan Kadir ya).

Dikisahkan bahwa Medusa adalah anak dari salah satu raja penguasa laut Forkis dan Keto, dari pernikahan Forkis dan Keto lahir 3 orang puteri cantik yaitu Medusa, Stheno dan Euriale yang kelak nanti akan menjadi trio macan eh salah trio Gorgon.  Stheno dan Euriale memiliki anugrah akan kehidupan abadi , sementara Medusa tidak mendapatkan anugrah tersebut namun Medusa memperoleh anugrah menjadi wanita tercantik pada saat itu.  Ketiga anak dari Forkis dan Keto itu pun menjadi pelayan dan pemuja dewi Athena di kuil Athena.

Dalam sekejap mereka pun menjadi terkenal hal itu dikarenakan oleh kecantikan Medusa. Karena itulah Poisedon sang dewa penguasa Lautan tertarik dengan Medusa, dan mendatangi kuil Athena tersebut. Poisedon pun lalu merayu Medusa sehingga (maaf) terjadilah hubungan seksual antara mereka (dibeberapa versi dikisahkan Poisedon memperkosa Medusa) di kuil dewi Athena.

Dewi Athena yang marah pun mengutuk ketiga bersaudari tersebut, agar memiliki wajah mengerikan dan berambut ular serta siapapun yang melihat mata mereka secara langsung akan menjadi batu. Semenjak itulah mereka terkenal menjadi trio Gorgon,  namun karena Medusa tidak memiliki hidup abadi maka ia pun menjadi incaran oleh para ksatria dari penjuru Yunani yang ingin membunuhnya dan menyenangkan hati sang dewi perang Athena.

Sehingga muncullah Perseus yang menjalankan tugas untuk memperoleh kepala Medusa dari raja Polidektes, mengetahui Perseus memiliki kemampuan untuk membunuh Medusa maka Dewi Athena pun membantu Perseus untuk memperoleh petunjuk dan perlengkapan untuk dapat menemukan sarang trio Gorgon dan memenggal kepala Medusa.

Pada akhirnya Medusa pun terpenggal oleh Perseus, namun perlu diketahui pada saat dipenggal Medusa ternyata sedang hamil (akibat kejadian dengan Poisedon). Dan pada saat kepalanya terlepas dari tubuhnya keluarlah Pegasus dan Chrysaor dari tubuh Medusa. Lalu Kepala Medusa pun digunakan oleh Perseus untuk mengubah atlas menjadi batu dan mengalahkan monster laut yang dikirimkan oleh Poisedon (dikarenakan Poisedon marah karena Perseus telah membutuh Medusa). Sehingga pada akhirnya kepala Medusa diserahkan kepada dewi Athena dan dilekatkan kepada perisai/tameng Aigis.

Jadi ternyata Medusa itu memiliki kisah yang suram dan menyedihkan, oleh karena itu janganlah hanya memandang dari hanya satu sudut pandang. Masih ada banyak sisi yang perlu dilihat dan juga diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar