12 Jun 2015

Lucky Luke sang Koboi Penyendiri yang Jauh dari Rumahnya

Pada kesempatan kali ini penulis ingin mengangkat kisah tokoh fiksi idola penulis dari semasa kanak-kanak sama dengan saat ini, tokoh yang ingin penulis angkat adalah Lucky Luke (koboi yang menembak lebih cepat dari bayangannya sendiri). Lucky Luke adalah tokoh koboi yang diciptakan oleh Rene Goscinny, dan kadang digambar oleh Maurice De Bevere (terkenal dengan nama Morris).

Dikisahkan dalam berpetualang Lucky Luke selalu bersama dengan Kuda Putih rekan setianya, yang bernama Jolly Jumper yang mana Jolly Jumper sendiri adalah kuda tercerdas dalam serial tersebut (baca kisahnya nanti kalian bisa simpulkan sendiri). Terkadang juga pasangan Luke dan Jolly ditemani oleh Rantanplan/Rintincan/Bushwack (Rintincan untuk sindiran Rintintin, Bushwack untuk seri versi bahasa inggris) seekor Anjing penjaga penjara yang membuat cerita semakin menarik dan konyol.

Kalau ada jagoan tentu ada musuhnya yaitu para penjahat, musuh abadi Lucky Luke disini adalah Geng Dalton yang terdiri dari 4orang Joe, Jack, William, Averell. Mereka adalah 4 orang bersaudara yang mana Averel yang termuda adalah yang paling tinggi namun polos, sedangkan Joe adalah yang tertua dan pemimpin mereka walaupun bisa dikatakan yang "terpintar". Walaupun penjahat Dalton sendiri adalah segerombolan orang yang kurang cerdas, namun mereka jahat hal itu karena menjadi penjahat sudah merupakan warisan turun temurun keluarga mereka.

Adapula beberapa tokoh yang menjadi teman ataupun musuh Lucky Luke, seperti Calamity Jane (koboi wanita, yang kuat. Teman Luke),  Billy The Kid  (penjahat anak-anak, musuh Luke), Jesse James (penjahat yang ingin seperti robin hood, musuh Luke) yang terkadang muncul didalam serial ini.

Selain itu ada juga tokoh-tokoh dari suku indian yang juga muncul dalam kisah ini, dan Lucky Luke sendiri biasanya berkawan dengan mereka. Yang menarik banyak nama tokoh indian yang dinamakan seperti nama hewan ataupun warna contoh : Anjing Kuning , Elang Hitam, Serigala Berbulu, Bison Ngamuk (kalau penulis sendiri mau punya nama Indian Beruang Biru hahaha). Dan semua indian ini memanggil para koboi ataupun pendatang dengan nama Muka Pucat, dikarena warna kulit mereka pucat. Dan Lucky Luke sendiri biasa memanggil mereka dengan sebutan saudara kulit merah.

Serial ini cukup menarik untuk disimak berulang kali, baik dalam membaca komiknya ataupun menonton filmnya. Ada saja tingkah laku yang kocak yang dilakukan tokoh-tokoh dalam serial ini terutama Rantanplan dan Geng Dalton (terutama Averell). Dan yang menjadi ciri khas dari Lucky luke adalah pada akhir cerita ia dan Jolly Jumper selalu menuju arah matahari terbenam dan menyanyikan lagu "i am poor lonesome cowboy, whose long way way from home"

1 komentar:

  1. Lucky Luke selalu menggagalkan upaya jahat Dalton bersaudara, dengan tingkah yang lucu

    BalasHapus