20 Agu 2015

Pencuri Yang Dirampok

Pada saat menonton acara sinetron prem*n pensiu* di salah satu televisi swasta, terdapat adegan dimana tukang copet yang ditodong setelah selesai beroperasi. Hal ini mengingatkan saya pada sebuah kisah dongeng yang pernah saya baca/dengar, kisahnya adalah sebagai berikut.

Diceritakan ada sebuah desa yang berada ditepi hutan, pada desa itu hiduplah pak ternak (karena ia berternak, kalau bertani namanya pak tani) yang memeliharan beberapa ekor domba. Pada suatu malam ada seekor serigala yang keluar dari hutan dan mengendap-endap kearah kandang domba milik pak ternak. Setelah melihat kekanan dan kekiri (ada banyak pohon cemaraaaaaaaa, lah kok jadi nyanyi :hammer) kondisi cukup aman, akhirnya serigala pun masuk kedalam kandang domba dan menggondol salah satu anak domba pak tani untuk dijadikan mangsanya.

Serigala pun membawa anak domba tersebut masuk kedalam hutan, sambil digigitnya leher dari anak domba yang malang itu. Saat perjalanan menuju sarangnya serigala sudah membayangkan bahwa ia akan kenyang makan daging anak domba malam itu. Namun ditengah jalan muncullah Harimau (lagi-lagi dia, lagi bagus nih jadi tokoh dalam tulisan saya terus belakangan ini) yang mencegat serigala.

Harimau bertanya kepada serigala "hai serigala apa yang sedang kau bawa dimulutmu itu ? (dengan suara yang berat dan kejam)", dengan penuh ketakutan serigala menjawab "hahai huan harihau, hahu hemhawa hanak homba huntuk hakan halamhu hahi hini (karena mulut serigala penuh jadi susah bicara, terjemahannya adalah sbb : wahai tuan harimau, aku membawa anak domba untuk makan malamku hari ini). Karena merasa serigala mengejeknya, harimau marah dan mengaum setelah itu harimau berkata "sebelum menjawab pertanyaanku, kosongkan dulu mulutmu serigala agar kau bisa berkata dengan jelas"

Dengan ketakutan serigala melepaskan bangkai anak domba dari mulutnya , dan sambil gemetaran ia menjawab "wahai tuan harimau, aku membawa anak domba untuk makan malamku hari ini". Harimau pun dengan tampangnya yang buas mendekat kearah serigala dan bangkai anak domba sambil berkata "anak domba itu bukan milikmu lagi sekarang, ia adalah makananku". Akhirnya serigala pun pergi dengan ketakutan sambil meratap dan menahan lapar.

Mencuri dan merampok adalah sama-sama perbuatan yang tidak baik untuk dilakukan, jadi jangan sampai melakukan hal-hal tersebut ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar