19 Apr 2015

Original

Holaaaa lagi-lagi penulis yang (tetap masih belum) terkenal ini ingin berbagi coretan ataupun kisah yang idenya muncul seketika. Kali ini kita membahas tentang original, dan bagaimana cara untuk menjadi original.

Original itu adalah kata serapan dari bahasa inggris (perbaiki saya bila saya salah) dengan ejaan yang sama juga, sedangkan arti katanya kalau dicari di kamus bahasa Indonesia itu berarti "asli" atau "tulen". Sesuai judul tulisan "Jadilah Original" itu berarti jadilah asli atau tulen, yang dimaksud menjadi asli atau tulen itu dari sudut pandang penulis adalah menjadi diri sendiri yang apa adanya. Walaupun menjadi diri sendiri yang apa adanya, namun masih harus tetap mengikuti aturan atau norma yang berlaku, kalau kalimat ditulisan sticker-sticker sih "bebas tapi sopan".

Kenapa menjadi original itu penting, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial namun jangan lupa satu hal kalau setiap manusia itu "unik" adanya tidak mungkin ada yang sama persis (kecuali kembar identik, itupun cuma tampilan luar saja). Dengan menjadi original jati diri seseorang itu keluar, baik secara tampilan fisik, pola pikir ataupun dari segi kejiwaaan.

Sering kali terlihat banyak yang mencoba-coba untuk meniru, entah itu seorang tokoh ternama ataupun lainnya yang kalau disebutkan nama-namanya wah sudah pasti pada kenal semua dan juga banyak. Dari sudut pandang penulis jika terinspirasi oleh mereka ya boleh-boleh aja , namun kalau sampe meniru semuanya persis ya mungkin istilah saat ini bisa dibilang "KW" , entah itu kw1, kw2, kw super. Apakah ada yang ingin menjadi seseorang yang KW ?

Manusia adalah makhluk sosial yang biasa senang berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya sendiri (entah itu sifat, bentuk, ataupun lainnya), namun jika semuanya harus sama persis dan tidak ada perbedaan apa jadinya. Coba bayangkan ada sekelompok orang disatu tempat sama persis tampilannya ataupun pola pikirnya, ketika bersama ya mereka memang kuat. Namun ketika berbaur dengan anggota dari kelompok lain dikarenakan perbedaan yang tidak bisa ditolerir, kebanyakan yang terjadi adalah tidak membaur dan bersosialisasi. Adapula karakter yang seperti bunglon, bisa berubah tergantung lingkungannya namun tidak kalau tidak punya jati diri itu juga apakah baik?

Cara untuk menjadi original yah cukup banyak, diantaranya adalah menjadi diri sendiri dengan begitu tingkat kepercayaan diri meningkat (namun ingat jangan berlebihan). Menjadi original pun bukan berarti tidak mau menerima perubahan yang terjadi, jika ada perubahan harus bisa beradaptasi juga namun tidak kehilangan jati diri seperti "bunglon" yang disebutkan diatas.

itulah sedikit tulisan mengenai original, jika memang ada kritik, saran atau tambahan silahkan diajukan. Karena penulis (yang masih belum) terkenal ini juga masih pembelajaran yang berlangsung secara terus-menerus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar