22 Mei 2015

Jurus 18 Telapak Naga / Xiang Long Shiba Zhang

Belakangan ini penulis entah kenapa jadi kembali suka banget nonton serial-serial Trilogi Rajawali Karya Louis Cha (Pendekar Pemanah Rajawali, Kembalinya Pendekar Rajawali, dan Golok Naga Pedang Langit). Sebuah serial tersebut awalnya adaptasi dari novel yang dikarang oleh Louis Cha pada tahun 60an, dan sudah sering sekali dibuat serial dengan berbagai versi sampai dengan saat ini.

Kali ini penulis ingin membahas tentang Jurus 18 Telapak Naga (Xiang Long Shiba Zhang / Hang Liong Sitpa Ciang), salah satu jurus legendaris yang selalu dibahas dalam trilogi novel ini. Sejatinya jurus 18 Telapak Naga berasal dari 28 jurus telapak naga, yang dimiliki oleh salah seorang ketua partai pengemis (Kaypang , bahasa kerennya) yang bernama Xiaw Hong (penulis menyarankan coba baca Demi God Semi Devil untuk mengenal Xiaw Hong). Xiaw Hong mempelajari jurus ini dari ketua Kaypang generasi sebelumnya yang berkolaborasi dengan salah satu sesepuh Shaolin.

Awalnya ada 28 Jurus Telapak Naga dan 36jurus tongkat pemukul anjing, namun oleh Xiaw Hong disingkat menjadi hanya 18 Jurus Telapak Naga dan 36 Jurus tongkat pemukul anjing. Yang mana selanjutnya jurus-jurus tersebut diajarkan turun temurun kepada ketua Kaypang generasi selanjutnya.

Pada masa Pendekar Pemanah Rajawali, dikisahkan ada 5orang sesepuh sakti dunia persilatan di tiongkok yaitu : Huang YaoShi / Oy Yoksu (sesat Timur), Hong Qi Gong / Ang Cit Kong (pengemis utara), Owyang Feng / Auw Yang Hong (racun barat), Yi Deng Tiat Su / It Teng Taysu (raja selatan) , dan Wang Cun Yang / Ong Tiong Yang (dewa pusat) yang merajai dunia persilatan. Yang mana ketika terjadi pertempuran dahsyat antara kelimanya sang dewa pusat lah yang keluar sebagai pemenang.

Tapi karena sub topik bahasan kita adalah jurus 18 Telapak Naga kita fokus kepada sang Pengemis Utara Hong Qi Gong / Ang Cit Kong yang merupakan ketua dari Kaypang masa itu. Dikisahkan karena partai Kaypang sendiri berpusat didaerah Jiang Nan / Kam lam yang berada di bagian utara daratan tiongkok jadilah gelar Pengemis Utara diberikan.

Dikisahkan Qigong / Citkong (panggilan Hong Qigong / Ang Citkong) adalah seorang pendekar yang baik hati dan sering membeli kebenaran namun ia tidak pernah menerima seorang muridpun pada masanya. Walaupun tidak menerima murid Qigong/Citkong selalu menurunkan sebagian ilmunya (tidak pernah secara utuh) kepada orang-orang yang layak.

Sampai akhirnya Hong Qi Gong / Ang Cit Kong , bertemu dengan pasangan Guo Jing / Kwe Ceng dan Huang Rong / Oy Yong. Awalnya Qigong hanya mengajarkan sebagian ilmunya, namun karena suatu kondisi tertentu diterimalah pasangan tersebut menjadi muridnya (baca atau tonton kisah Pendekar pemanah rajawali untuk lengkapnya). Guo Jing adalah seorang yang polos namun baik hati, sayangnya ia agak lamban untuk berpikir dan menyerap pelajaran, sehingga sering dianggap bodoh orang-orang sekitarnya. Namun semenjak Guo Jing rajin berlatih jurus 18 telapak naga ia menjadi salah satu pendekar yang disegani di daratan tiongkok.

Berikut adalah daftar Jurus 18 Telapak Naga :
01.  Naga Menggerung Menyesal / Kang Long You Hui / Khang Liong Yu Hue (jurus pertama yang dikuasi Guo Jing)
02. Naga Terbang Dilangit / Fei Long Zai Thian / Hui Liong Cai Thian
03. Naga Bertempur Di Alam Liar / Long Zhan Yu Ye / Liong Cian Yi Ya
04. Naga Bersembunyi itu terlarang / Qian Long Qu Yong / Ciam Liong But Yong
05. Mengarungi Sungai Menarik Pahala / Li She Da Chuan / Li Siap Tai Cuan
06. Burung Hong (phoenix) bersembunyi ditanah / Hong Hian Yu Lu / Hong Ciam Yi Liok
07.  Mendadak Seperti Naik / Tu Ru Qi Lai / Tut Ji Ki Lai
08. Terkejut Gemetar Ratusan Li ( 1Li = 500meter) / Zhen Jing Bai Li / Cin Keng Pek Li
09. Bersembunyi di Kegelapan / Huo Yue Zai Yuan / Hek Yok Cai yan
10. Naga Sakti Menggoyang Ekor / Shen Long Bai Wei / Sin Liong Pai Bi
11. Melihat Naga di Ladang / Jian Long Zai Tian / Kian Liong Cai Tian
12. Sepasang Naga Mencari Air / Shuang Long Qu Shui / Siang Liong Cu Sui
13. Ikan Bersembunyi di kedalaman / Yu Yue Yu Yuan / Hi Yok Yi Yan
14. Bertempur Menunggangi Enam Naga / Shi Cheng Liu Long / Si Seng Liok Liong
15. Mendung Tetapi Tidak Hujan / Mi Yun Bu Yu / Bithun Put Yi
16. Kekurang Membuat Yakin / Sun Ze You Fu / Sun Cek Yu Hu
17. Menjejak Embun Es Sampai Ke Ujungnya / Lu Shuang Bing Zhi / Li Song Peng Ci
18. Kambing Menghantam Pagar / Di Yang Chu Fan / Te Yang Chiok Huan

Setelah Guo Jing meninggal tidak adalagi satupun generasi penerus yang diceritakan menguasi seluruh 18 Jurus Telapak Naga, dan kitab panduan untuk berlatih jurus ini disembunyikan didalam Golok Naga yang menjadi perebutan dalam kisah Golok Naga dan Pedang Langit. Disebutkan disana Siapapun yang menguasai golok naga bisa menguasai dunia, padahal maksudnya adalah jika bisa memecahkan rahasia golok naga yang didalamnya terdapat kitab strategi perang hebat dan kitab jurus 18 telapak naga, orang tersebut tidak akan terkalahkan. Guo Jing yang lambat belajar saja bisa menjadi sakti ketika menguasai Jurus 18 Telapak Naga.

1 komentar:

  1. Saya suka cerita anda..tapi kalau anda mau saya punya cerita silat yang ayah saya sering ceritakan jika hendak tidur.. saya tidak tahu nama karakter nya Krn nama nya buatan ayahku tp cerita nya benar ada yaitu "7 makam bunga mawar

    BalasHapus