31 Mei 2015

4 Pedang Legendaris (dalam Serial Novel Alchemyst , Karangan Michael Scott)

Ketika penulis membaca serial novel Nicholas Flamel The Alchemyst ada banyak sekali tokoh-tokoh dan benda-benda mitologi yang dibahas oleh sang penulis dalam kisah tersebut. Sebagian ada yang masih menjadi legenda atau hanya mitos namun sebagian ada yang menjadi bagian dari sejarah sendiri.

Dari semua itu penulis tertarik mengupas tentang 4buah pedang legendaris yang dibahas dalam kisah tersebut. Keempat pedang itu adalah Excalibur, Clarent, Durendal, dan Joyeuse yang masing masing mewakili elemen dan disebutkan dalam kisah tersebut adalah 2pasang pedang kembar. Berikut penjelasannya

1. Excalibur
    Pedang element Air/Es yang terkenal dengan kisah sang Raja Arthur dari tanah britania, yang mana konon katanya pedang itu adalah pemberian dari seorang dewi/nimfa/deity penghuni suatu danau yang membeku. Kemampuan pedang ini adalah dia dapat membekukan ketika digunakan. Dan Pedang Excalibur merupakan kembaran Pedang Clarent.

2. Clarent
    Pedang element Api , lebih terkenal dengan pedang pengecut. Pedang ini juga dikisahkan dulu milik Raja Arthur dari tanah britania, dan pedang inilah yang ditarik dari dalam batu oleh Arthur yang membuat dia dinyatakan pantas atau layak menjadi Raja sesuai dengan kisah kuno (barang siapa yang mampu menarik pedang dari batu, dialah orang yang layak menjadi pemimpin). Pedang ini juga yang membunuh Raja Arthur , karena pedang ini dicuri oleh Modred (keponakan sang raja. CMIIW). Kemampuan pedang ini adalah dia dapat menyebabkan luka bakar ketika digunakan. Dan Pedang Clarent merupakan kembaran Pedang Excalibur

3. Durendal
    Pedang Elemen Angin/Udara, dalam sejarah pedang ini adalah milik seorang ksatria bernama Roland. Yang mana Roland adalah 1 dari 12 ksatria Kaisar Charlemagne atau lebih dikenal dengan nama Ksatria Paladin. Dikisahkan Pedang Durendal ini adalah senjata andalan Roland dalam masa pemersatuan daratan Eropa (kurang lebih 300tahun setelah masa kekaisaran Romawi kuno). Dikisahkan karena berelemen udara Pedang Durendal ini konon sangat ringan dan tajam, bahkan angin dari kibasannya sanggup untuk memotong lawannya. Dan Pedang Durendal merupakan kembaran Pedang Joyeuse

4. Joyeuse
     Pedang Element Tanah/Bumi, Pedang ini sendiri adalah pedang miliki Kaisar Charlemagne pemimpin dari 12 Ksatria Paladin atau lebih dikenal dengan Nama Kaisar Charles I, dalam masa pemersatuan Daratan Eropa. Dikisahkan kemampuan pedang ini adalah dapat menyebabkan gempa bumi dahsyat dan membelah tanah ketika ditancapkan ketanah. Dan Pedang Joyeuse merupakan kembaran Pedang Durendal.

Itulah sedikit gambaran dari 4 Pedang Legenda yang muncul dalam Novel Serial Alchemyst karangan Michael Scott.  Mohon maaf karena penulis tidak bisa mendapatkan sumber berupa gambar yang benar-benar valid, sehingga belum ada gambar ilustrasi pedang-pedang diatas.

Note bawah :
Kisah dalam serial novel ini sendiri cukup menarik namun agak membingungkan untuk pembaca yang belum mengenal akan sejarah dan mitologi kuno.

Ada banyak sekali karakter mitologi yang muncul dalam serial novelnya, contoh : Mars Ultor (ares, dewa perang mitologi yunani dan romawi), Isis (dewi tertinggi mitologi mesir, istri osiris) , Osiris (dewa tertinggi mitologi mesir, suami isis), Quazlecoatl (dewa pengetahuan mitologi Aztech dan suku maya), Odin (penguasa dewa-dewa asgard), dan masih banyak lagi lainnya (yang kalau disebutkan dan ceritkan semua bisa bisa menjadi satu buku sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar