7 Des 2014

Beruang (KBBI Be-ru-ang)



Kali ini penulis membahas tentang beruang (jangan baca sambil membayangkan penulis ya hehehe). Beruang adalah hewan yang termasuk keluarga Ursidae (bukan keluarga penulis lho), Karakteristik umum dari beruang modern termasuk tubuh besar dengan kaki kekar, moncong panjang, rambut tebal dan kasar, dengan lima cakar yang tidak bisa ditarik kedalam, dan ekor pendek.

Walaupun dibilang hewan karnivora (pemakan daging) beruang sebenarnya adalah omnivora (pemakan segala), kecuali Panda Raksasa di tiongkok yang hanya memakan bambu. Beruang ini tersebar dibanyak negara, dan biasanya hidup secara soliter (sepasang - sepasang, beruang aja sepasang masa penulis sendiri, hush skip balik ke topik). Rata-rata beruang berpostur besar, namun jangan salah beruang juga dapat berlari , berenang dan memanjat pohon (lha kok mirip penulis ya). Beruang juga termasuk hewan oportunis (bukan opor ayam) yang bisa bertahan hidup dengan berbagai macam kondisi (dari hutan, kutub, perbukitan, sampai dekat pemukiman, mungkin kecuali di gurun. Karena belom pernah dengar beruang Gurun)

Banyak terjadi perubahan pada jenis keluarga beruang , hal ini tentunya untuk menyesuaikan dengan lingkungan/habitat dimana mereka hidup. Dewasa ini beruang sering kali diburu dengan berbagai macam alasan, mulai dari untuk konsumsi, untuk kulit dan rambutnya, untuk menjaga pemukiman manusia , atau yang lebih gila lagi hanya untuk kepuasan pribadi si pemburu.

Di beberapa negara sudah ada kesepakatan kalau beruang termasuk hewan yang dilindungi (kasian yah gede-gede masih butuh dilindungi), contohnya saja dinegara Indonesia ini ada beruang madu yang termasuk salah satu hewan dilindungi (mungkin masih kerabat Winni the Pooh yang suka madu).

Banyak juga yang suka dengan beruang, karena ada yang menjadi terkenal seperti Teddy Bear, Yogi Bear, Masha And The Bear, sampai menjadi maskot Negara ataupun klub olahraga.

Ya itulah sekilas yang bisa penulis ceritakan tentang beruang (jangan membayangkan penulis, penulis maunya jadi ber-u-ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar