16 Des 2014

Head Hunter (Si Pemburu Kepala)


Judulnya serem ya Head hunter kalau diartikan dalam bahasa indonesia artinya pemburu kepala, tapi maknanya bukan berarti mereka memburu kepala dalam arti sebenarnya. Head hunter adalah seorang atau sebuah perusahaan agensi yang mencari para pekerja yang potensial untuk ditawarkan kepada para klien mereka.

Biasanya untuk pekerjaan yang ditawarkan oleh para Headhunter sendiri bukan hanya jabatan biasa, tapi sebuah jabatan yang memerlukan pengalaman, tanggung jawab, serta kemampuan untuk berinteraksi dan mengatur pekerjaan dari sebuah tim. Kasarnya ketika headhunter mencari kandidat minimal untuk jabatan Managerial atau mungkin tenaga ahli tidak hanya untuk jabatan biasa.

Kita tidak bisa mengajukan begitu saja diri kita kepada para Headhunter, karena cara kerja mereka adalah seperti berikut : " Perusahaan A butuh pegawai dengan kriteria xxx, yyy dan sebagainya. Perusahaan A meminta bantuan headhunter untuk mencarikan karyawan tersebut. Headhunter pun mencari semua kandidat yang ada baik melalui cv para kandidat yang ditaruh di website pencari kerja atau juga bisa meneliti secara langsung. Ketika kandidat sudah tersaring maka para kandidat akan dihubungi satu persatu oleh headhunter secara langsung dan biasanya jika memang menemui kecocokan akan langsung ditransfer. Dan para headhunter sendiri langsung mendapatkan fee/komisi dari perusahan A kliennya"

Yang jadi pertanyaan kok penulis tau sih ? Jangan-jangan penulis headhunter juga nih. Bukan penulis bukan seorang headhunter, penulis hanya pernah diburu oleh para pemburu kepala tersebut pada saat masa transisi (cia elah bilang aja lagi nganggur, pakai gaya dikit) ketika sudah keluar kerja dari tempat yang lama dan belum memulai usaha yang sekarang dirintis.

Pada saat dihubungi oleh headhunter tersebut cukup kaget juga karena penulis sendiri sudah tidak pernah mengupdate "curicullum vitae" penulis ataupun mengajukan surat lamaran kemana-mana (kalau lamaran kepada anak gadis orang secara resmi juga belum sih, belum pasti diterima soalnya hahaha). Namun tiba-tiba dihubungi melalui telepon dan melakukan wawancara melalui percakapan telepon tersebut, yang mana intinya si HeadHunter sedang mencari kandidat untuk perusahaan cliennya yang lucunya itu adalah pesaing utama perusahaan penulis terakhir bekerja (yang konon katanya lebih besar, konon lho konon jangan salah baca ya).

Jadi Apakah anda ingin diburu oleh para pemburu kepala tersebut ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar