16 Nov 2014

kerja sama dari kelompok Lumba-lumba

Lumba-lumba Mamalia penghuni lautan yang memiliki otak terbesar dibandingkan hewan lainnya, dan konon katanya adalah salah satu hewan tercerdas juga.

Ternyata selain pintar Lumba-lumba juga memiliki kerjasama tim yang amat sangat baik. Disuatu kesempatan saya melihat di televisi bagaimana kerjasama kawanan lumba-lumba didalam mencari makan.

Ada sekelompok lumba-lumba yang mencari makan dibagian hilir sungai yang cukup dangkal, disana ternyata ada sekelompok ikan-ikan kecil makanan mereka. Hal yang menakjubkan pada kelompok itu adalah mereka menggiring ikan-ikan tersebut, dan 1ekor lumba-lumba yang berenang berputar sambil menyebabkan lumpur naik sehingga membuat tembok lumpur berbentuk bundar, sementara kawanan lumba-lumba yang lain menunggu diluar lingkaran tersebut. Kelompok ikan yang panik itu menganggap tembok tidak bisa tertembus dan melompat keluar air untuk menyebrang tembok lumpur dan hap lumba-lumba yang diluar tembok menyantapnya. Tidak cuma sampai disitu saja, ternyata masing-masing anggota kelompok lumba-lumba itu bergiliran untuk membuat tembok lumpur sehingga mereka semua dapat giliran untuk makan dan bekerja.

Sungguh luar biasa sekali kerjasama dari kelompok lumba-lumba tersebut, terkadang ada  makhluk yang konon katanya lebih hebat saja ketika merasa nyaman dan enak tidak mau gantian agar yang lain bisa nyaman juga.

Yah untuk makhluk itu gak perlu disebutkan apa jenisnya, cukup kita melihat ke sekeliling ataupun bercermin saja juga ketemu kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar