15 Nov 2014

Mendidik Anak

Mendidik Anak
Mungkin kita pernah melihat sebuah iklan biskuit ditelevisi yang menceritakan tentang seorang ibu yang melatih anaknya untuk berlari. Narasi dalam iklan tersebut cukup bagus karena disana sang ibu mengajarkan anaknya tentang semangat agar sang anak bisa mengalahkannya. Dan ketika sang anak mengalahkannya maka sang ibu ternyata merasa menang, karena ia bisa membuat anaknya melebihi dirinya.

Dewasa ini kita sering kali melihat tipikal orang tua "helikopter" , orangtua helikopter ini adalah orangtua yang berpikir bahwa cinta berarti memusatkan hidup mereka di sekeliling anak. Orangtua berjaga-jaga terus di dekat anaknya dan menolongnya kapan saja dibutuhkan, sehingga terkadang menimbulkan ketergantungan dari sang anak. Bahkan terkadang ada kebablasan sampai dengan si anak itu sudah dewasa.

Saya juga teringat pernah membaca suatu artikel yang menarik tentang Jacky Chan sang mega bintang Layar Lebar, Jacky Chan mengeluarkan pernyataan bahwa jika sudah meninggal seluruh harta peninggalannya akan disumbangkan tanpa memberikan sedikitpun kepada anaknya. Hal itu dijelaskan oleh Jacky Chan, bahwa ia yakin anaknya bisa untuk hidup tanpa harta warisan peninggalan tersebut.

Jadi Jika memiliki anak atau kelak memiliki anak , metode mendidik apakah yang ada pilih ??? Masing-masing tentu punya jawabannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar