23 Mar 2015

Pentingnya sebuah fondasi atau dasar



Fondasi atau dasar adalah hal yang pertama kali dikerjakan dalam membangung sebuah bangunan, karena dengan menggunakan fondasi yang kokoh bangunan tersebut kelak juga akan kokoh. Dan jika ada upaya untuk peningkatan bangunan , jika fondasinya kuat bangunan bisa langsung ditingkatkan tanpa perlu membongkar ulang fondasinya.

Demikian juga tentang kehidupan, semua harus mempunyai fondasi atau dasar yang kokoh terlebih dahulu. Sebagai contoh penulis akan ceritakan pengalaman yang pernah penulis alami sendiri. Pada saat berusia masih anak-anak (bahkan sampai usia saat ini) penulis selalu tertarik akan Olahraga yang bernama Bola basket, dari bermain ataupun sekedar melihat/menonton pertandingannya (baik level pelajar, umum, amatir atau profesional).

Ketika mulai berlatih hal-hal yang pertama dipelajari dan dilatih adalah dasar-dasar cara teknik bermain dan juga peraturan, semua hal tersebut dilakukan berulang-ulang dalam waktu selama bertahun-tahun lama nya. Ketika dasarnya sudah kokoh barulah dikembangkan kearah visi bermain serta pola permainan. Pada saat berlatih nyaris seluruh menu latihan hanya dasar-dasar saja, dengan hanya sesekali melakukan simulasi.

Barulah ketika pertandingan baik itu persahabatan ataupun resmi pola permainan diterapkan, lho kok begitu? mungkin ada beberapa yang bertanya kenapa hal seperti itu dilakukan, bahkan pada masa itu pun penulis sempat bertanya. Ternyata jawabannya adalah ketika dasarnya sudah kokoh dan kuat , mau dirancang pola seperti apapun sudah mudah.

Demikian juga dengan bidang lain yang selama ini penulis geluti, Namanya bidang Informatika. Hal yang dilakukan pada saat awal menggeluti bidang ini adalah mengasah logika serta kemampuan berpikir untuk membuat suatu algoritma, baik itu dalam hal membuat suatu program, system, jaringan ataupun lainnya. Bukan menghafalkan bahasa-bahasa pemrograman ataupun script-script yang telah ada.

Langkah awal yang dilakukan dalam membangun sebuah system adalah membuat diagram alur/flowchat/topologi atau entah apa lagi namanya. Dilanjutkan membuat sebuah kerangka dasar, bahasa yang penulis sebutkan adalah pseudocode atau kode kerangka. Setelah sudah sesuai barulah diubah menjadi bahasa pemrograman ataupun script yang nantinya akan digunakan.

Memang dalam proses nyata langkah dalam membangun dasar bisa dilewati, karena dianggap buang waktu , tenaga dan materi. Namun ketika dalam proses berjalan terjadi sebuah perubahan, yang terjadi adalah rombak keseluruhan yang ternyata justru lebih memakan banyak waktu , tenaga serta materi.

Jadi penulis menyimpulkan (CMIIW, Correct Me If I Wrong) dasar atau fondasi adalah sesuatu yang penting dalam bidang apapun didalam kehidupan ini. Bagaimana menurut para pembaca ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar