4 Mar 2015

Yang Jian (Erlang Shen, Dewa Erlang sang mata tiga)

Patung Yang Jiang atau Erlang Shen
Hualooooooooooooooooo jumpa lagi dengan penulis yang masih kurang kerjaan ini, kali ini penulis ingin berbagi kisah tentang Yang Jian atau lebih dikenal dengan nama Erlang Shen atau Dewa Erlang (yang jadi saingan abadinya Sun WuKong itu lho). Sebenarnya sempat bingung ada banyak versi kisah tentang Erlang Shen, tapi setelah disortir dan ditelaah lebih lanjut (sok ilmiah ceritanya) diambillah kisah yang memang mempunyai benang merah atau hubungan dengan Fengshen Yanyi, yang sudah penulis bahas sebelumnya.

Dikisahkan dikhayangan ada seorang Dewi Cantik yang bernama Yao Ji, Yao Ji merupakan adik ke9 dari kaisar langit yang memiliki tugas menurunkan salju di bumi. Pada suatu ketika ketika Yao Ji sedang bertugas menurunkan salju, ia bertemu dengan seorang pelajar miskin bernama Yang Tianyou dan akhirnya Yao Ji jatuh cinta kepadanya. Setelah sekian pertemuan dan kisah romantis akhirnya pasangan ini pun menikah dan dikaruniai seorang anak bernama Yang jian. Yang Jian karena memiliki garis keturunan dewa, semenjak lahir memiliki kemampuan yaitu dapat membuka mata ketiga yang ada dikeningnya untuk melihat mana yang benar dan mana yang salah ataupun melihat wujud sebenarnya dari orang, dewa, atau siluman yang sedang menyamar.

Namun dikarenakan peraturan alam yang sangat ketat bahwa seorang Dewa/Dewi dari khayangan tidak boleh menikah dengan manusia biasa kaisar Langit pun murka, apalagi yang melanggar peraturan adalah adiknya sendiri. Sehingga diutuslah pasukan langit untuk menangkap dan menghukum Yaoji. Pasukan langit yang sampai ke kediaman keluarga Yang, akhirnya menangkap Yaoji dan menghukumnya dikurung dengan cara ditindih dibawah gunung persik (bukan gunung lima jarinya Sun Wukong ya).

Yang Tianyou yang bersedih karena kehilangan istrinya tersebut akhirnya meninggal karena semakin lemah karena hanyut dalam kesedihan (bahasa keren sekarang Galau). Sementara Yang Jian yang masih anak-anak bingung karenanya dan berusaha menghancurkan gunung tempat ibunya dikurung. Pada saat hendak menghancurkan gunung tersebut Yang Jian dilarang oleh ibunya karena ibunya hendak menjalankan hukuman atas kesalahan yang ia perbuat. Dan pada saat itulah muncul pertapa sakti bermana Yu Ding yang akhirnya mengangkat Yang Jian menjadi muridnya serta mengajari ilmu-ilmu dewa serta kesaktian kepada Yang jian.

Yang Jiang yang sangat berbakat dan sangat berbakti kepada gurunya tersebut akhirnya menguasai semua kesaktian dan ilmu yang diajarkan oleh sang guru. Sampai dengan suatu saat sang guru Yu Ding meminta Yang Jian untuk pergi membantu pasukan kerajaan Zhou yang dipimpin oleh Jiang Ziya dalam menggulingkan tirani dari Dinasti Shang. Akhirnya Yang Jian pun bergabung dalam pasukan kerajaan Zhou dan ikut serta dalam keberhasilan menggulingkan tirani Dinasti Shang, itulah keterlibatan Yang Jian dalam Fengshen Yanyi


Interlude atau cerita Epilog atau kisah setelah Fengshen Yanyi

Setelah berhasil menggulingkan Dinasti Shang Yang Jian berusaha kembali membebaskan ibunya dengan membawa sebuah kapak sakti (penulis belum menemukan nama kapaknya karena berbeda-beda disetiap versi, tapi yang jelas bukan kapak maut naga geni 212 soalnya itu punya Sinto Gendeng dan Wiro Sableng). Setelah Yang Jian berhasil membebaskan ibunya, mereka didatangi oleh 10 Dewa Matahari dan membakar habis Yao Ji hingga kering karena telah kabur dari hukumannya.

Yang Jian yang marah akhirnya melawan dan berhasil membunuh 9 Dewa Matahari , sementara 1 Dewa Matahari berhasil kabur dan bersembunyi di laut barat. Yang Jian pun mengejar namun pada saat hendak membunuh Dewa Matahari yang terakhir ia dihentikan oleh seorang gadis yang merupakan puteri Raja Naga laut barat. Sang gadis berkata kepada Yang Jian, jika seluruh matahari hancur maka dunia ini akan kiamat. Pada akhirnya Yang Jian pun melepaskan Dewa Matahari terakhir tersebut.

Sementara di Khayangan kaisar Langit yang iba kepada Yang Jian yang merupakan keponakannya mengangkat Yang Jian menjadi Dewa Erlang Shen dan mengundangnya untuk tinggal di istana Khayangan, namun Yang Jian hanya menerima pengangkatan dan gelar yang diberikan dan tidak ikut tinggal di Khayangan.


Note Bawah :
* Dikisahkan Dewa Erlang adalah salah satu dewa yang sakti, bahkan konon kesaktiannya diatas Nezha atau Nacha. Namun mereka tidak pernah bertarung secara serius karena mereka berteman semenjak perang Zhou melawan Shang

* Dikisahkan Dewa Erlang juga mempunyai sahabat setia yaitu Anjing Langit yang selalu ikut bertempur disisinya

* Pada beberapa versi kisah Journey To the West , Dewa Erlang dikisahkan seimbang atau memiliki kesaktian diatas Sun Wukong. Namun ada beberapa versi dah Journey To the West menyebutkan Sun Wukong lebih sakti dibanding Dewa Erlang.

10 komentar:

  1. Sebenernya Erlang seimbang atau mungkin lebih lemah sedikit dari sun wukong,soalnya di dalam mitologi juga cuma 2 orang yg bisa ngalahin wukong yaitu sang Budha dan seorang Dewi(gua lupa namanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, namanya Dewinya itu Nuwa..

      Tapi mungkin secara nggak langsung Nu Wa itu ibunya si Wukong, Karna Wukong lahir dari batu sisa si Nuwa buat nambah langit..

      Hapus
  2. Yang bangga dengan kera sakti pasti dibilang dia lebih hebat dr dewa yangcien...kamu pikir tulis bgitu dewa erlang yg asli tidak tahu,;;!!

    BalasHapus
  3. Wukong lebih hebat dari Erlang

    BalasHapus
  4. Muka ErLang Pu Sa aslinya ganteng tdk sprt di rupang. Dan dia sudah jd Bodhisattva tolong jgn sebut shen lg.. Panggil ER LANG PU SA. BUKAN ER LANGSUNG SHEN lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Er Lang pu Sa aslinya itu mmg cool ganteng tp jg baik... Dia mmg mungkin tdk sehebat Buddha dan Bodhisattva yg lain tp Dia terlahir special campuran manusia dan Dewa.. Dia jg punya welas asih yg tinggi, sering mmbntu ku..

      Hapus
    2. mata batinya terbuka ya kak

      Hapus
  5. Tgk drama cina 'the god' kisah yan jian sblm jadi dewa erlang

    BalasHapus