17 Jan 2015

Ironi Ketika Hujan Dikeluhkan

Pada saat  musim hujan seperti saat ini , dimana curah hujan cukup tinggi sering kali terlihat banyak yang mengeluh kenapa hujan terus, kalau hujan pasti banjir, kalau hujan pasti macet dan masih banyak lagi keluhan lainnya. Tapi tolong sebelum mengucapkan hal tersebut bersyukurlah terlebih dahulu karena Hujan itu pada dasarnya adalah berkah, karena air adalah sumber kehidupan.

Penulis sendiri pernah singgah disuatu daerah yang kondisi jauh lebih buruk, disana air bersih dan layak sulit didapat. Walaupun lokasinya dekat dengan laut, sungai dan perbukitan.  Mungkin banyak yang bertanya kok bisa pada ada laut, sungai dan perbukitan. Bisa karena tempat yang penulis singgahi adalah sebuah kota barat pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan sendiri terkenal akan lahan gambutnya yang juga merupakan dasar terbentuknya batubara, namun berbanding terbalik dengan kualitas airnya. Perlu diketahui pada lahan gambut kualitas air tanah sendiri cukup buruk, karena kadar keasaman yang tinggi dan warnanya keruh.

Untuk bertahan hidup para penduduk sekitar memanfaatkan Air Hujan, ya air hujan yang selama ini mungkin pernah kita keluhkan. Tapi untuk mereka Air Hujan itu merupakan sumber kehidupan. Karena hanya dengan air hujan lah mereka dapat mendapatkan air untuk Minum, Memasak dan kebutuhan lainnya sedangkan untuk Mandi dan mencuci mereka masih mengandalkan air sungai ataupun air tanah.

Untuk mengakali curah hujan yang tidak menentu mereka menyediakan tong-tong besar ataupun tangki-tangki besar untuk menampung air hujan yang turun. Dan nantinya air itupun digunakan sebaik mungkin untuk keperluan mereka sehari hari.


Jadi masihkah kita perlu mengeluh akan turunnya hujan ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar