5 Jan 2015

Tokoh-tokoh Cerdik nan Ahli Strategi (fiksi ataupun nyata)

Ada banyak sekali tokoh-tokoh cerdik yang juga ternyata ahli dalam strategi, berikut penulis mengangkat beberapa tokoh yang penulis bilang cukup cerdik dan juga mahir berstrategi. Sebagian ada yang berperan sebagai protagonis, netral ataupun antagonis

1. Huang Rong / Oy Yong (Novel Pendekar Pemanah Rajawali)
Huang Rong adalah putri cantik dan ahli masak dari Huang Yao Shi (sesat timur, 1 dari 5pendekar legendaris) dalam novel karangan Wu Xia. Ia juga adalah pasangan dari Guo Jing , pendekar baik hati yang agak lambat dalam berpikir. Banyak sekali kecerdikan yang telah dilakukan oleh Huang Rong dalam novel Trilogi Rajawali, mulai dari ia bisa membantu Mongol dalam mengalahkan Kekaisaran Ching (novel pendekar pemanah rajawali), Mempertahankan kota Perbatasan Shiang Yang selama puluhan tahun dari gempuran mongol (novel kembalinya pendekar rajawali), sampai membuat golok naga serta pedang langit yang ternyata berisi kitab perang dan ilmu-ilmu sakti ia dan suaminya Guo Jing.

2. Zhao Min / Tio Beng (Novel Golok Naga dan pedang langit)
Zhao Min adalah cucu wanita yang cantik dan cerdik dari Kaisar Mongol yang bernama asli Minmin Temur (CMIIW) dalam novel karangan Wu Xia. Ia adalah pasangan dari Zhang Wu Ji tokoh utama dalam novel tersebut. Didalam kisah novel itu dikisahkan bagaimana ia mengacak-acak seluruh dunia persilatan daratan tiongkok pada masa itu hanya untuk bersenang-senang (mendapatkan perhatian Zhang Wu Ji). Dalam kisah tersebut banyak sekali kecerdikan-kecerdikan yang Zhao Min Lakukan seperti Menawan Seluruh Ketua Perguruan-perguruan besar tanpa menumpahkan darah, serta Membantu Para pendekar menahan serangan dari Mongol dengan begitu efektif dengan meminimalisir korban dari kedua belah pihak.

3. Hiruma Yoichi / Komandan perang Setan (Komik EyeShield 21)
Hiruma Yoichi adalah Kapten dari tim Amerika Football dalam komik EyeShield 21 karya  Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata. Dikisahkan disini Hiruma adalah salah seorang dari pendiri tim Amerika Footbal dan ia adalah sang ahli strategi baik dalam permainan dilapangan ataupun urusan teknis diluar lapangan. Kecerdikan-kecerdikan Hiruma diantaranya adalah : Mendapat Fasilitas Mewah dengan cara memeras kepala sekolah, Tinggal nomaden dari satu hotel berbintang ke hotel berbintang lainnya dengan gratis, merekrut banyak pemain untuk menjadi pemainnya (secara paksa), Memenangkan permainan kartu poker texas sampai mempunyai uang dalam banyak Tas Koper, dan masih banyak lagi.

4.Light Yagami / Kira (Komik Death Note)
Kira adalah seseorang pemuda genius yang memiliki buku milik malaikat maut , yang mana jika buku tersebut dituliskan sebuah nama orang yang namanya tertulis akan mati seketika. Keahlian Kira ini digunakan untuk membunuh para penjahat dan koruptor (kayaknya boleh juga tuh minjem bukunya, buat basmi koruptor dinegeri penulis). Banyak kecerdikan yang dilakukan oleh Kira, diantaranya ia dapat mengatur kematian orang-orang yang ditulisnya sedemikian rupa sehingga tidak terlihat mencurigakan.

5. L Lawliet / L (Komik Death Note)
L adalah seorang detektif genius yang menjadi rival Kira dalam komik Death Note. Yang mana L adalah orang yang berhasil menangkap Kira dan menghentikan seluruh kegilaan yang dilakukan oleh Kira.

6. Sangkuni / Raja Gandara (kisah Wira Citra Mahabharat)
Sangkuni adalah Raja dari negeri Gandara , sebuah negeri didaratan Hindus pada masa Arya. Sangkuni merupakan Kakak dari Gandari Ibu para Kurawa, dan ia pula yang mendidik para kurawa agar menjadi licik. Ada banyak kecerdikan (mungkin kelicikan kali ya) yang dilakukan oleh Sangkuni diantaranya adalah : Menghasut agar Suami dari Gandari dinobatkan sebagai Raja dan Duryodana sebagai putra Mahkota, Mengambil alih kerajaan yang dibangun paksa oleh para pandawa serta mengasingkan mereka, Memperoleh banyak sekutu dalam perang barata dan masih banyak lagi. Dalam kisah tersebut Sangkuni nyaris tidak punya tandingan, kecuali Kreshna. Kreshna tidak penulis masukkan karena Beliau adalah manifestasi dari Dewa Wisnu yang konon mengetahui segalanya dan bisa melakukan apa saja.

7. Zhuge Liang / Penasihat perang Kipas Bulu Bangau (Novel 3 kerajaan)
Zhuge Liang adalah penasihat perang dari negara Liu, yang merupakan salah satu negara yang berperang dalam kisah Novel 3kerajaan. Selain penasihat perang Zhuge Liang juga adalah penasihat dalam mengatur pemerintahan Kaisar Liu Bei. Banyak sekali Kecerdikan-kecerdikan yang dilakukan Zhuge Liang, seperti bagaimana ia bersekutu dengan Sun Kuan dan mengalahkan pasukan Chao Chao, Ia mengelabui musuhnya dengan menggertak dengan Jumlah pasukan yang cukup besar hanya bermodalkan panci untuk memasak makanan pasukan. Dan masih banyak lagi kecerdikan-kecerdikan lainnya, bahkan Guan Yu sang Jenderal yang paling gagah perkasa pada masanya pun tunduk akan strategi yang diperintahkan oleh Zhuge Liang

8. Sun Tzu / Ahli Strategi dari Kekaisaran Tiongkok Kuno
Sun Tzu adalah seorang ahli strategi perang yang menuliskan banyak sekali kitab-kitab untuk strategi perang yang dipakai dalam peperangan didaratan Tiongkok. Cukup sedikit referensi tentang Sun Tzu , jadi penulis tidak bisa menuliskan lebih banyak. Penulis memasukan Sun Tzu karena ia adalah Pelopor dari ahli Strategi (karena Sun Tzu hidup dimasa jauh sebelum Zhuge Liang Hidup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar