20 Feb 2015

Journey to the West atau Petualangan Mengambil Kitab Suci

Tulisan kali ini adalah kisah tentang perjalanan ke barat, atau misi pengambilan kitab suci ke barat. Tokoh utama dalam kisah ini tentu saja Xuan Zang (Bhiksu Tong Sam Cong), Sun Wukong (Sun Go Kong), Zu BaJi (Ti Pat Kay), dan Sa Wucing (Sa Go Jo). Kisah bermula ketika terbentuknya bumi ini terdapatlah sisa-sisa batu pecahan yang digunakan untuk membentuk bumi. Karena batu tersebut menyerap energi alam lahirnya seekor kera dari batu tersebut, yang kita kenal dengan nama Sun Wukong.

Sun Wukong adalah seekor kera yang punya bakat tinggi dan akhirnya ikut belajar menuntut ilmu ditempat para dewa menyekolahkan anak-anaknya. Namun karena sifatnya yang suka membuat onar akhirnya dia pun dihukum oleh sang Buddha , sehingga ia dikurung dibawah gunung lima jari dan nanti akan dibebaskan oleh seorang bhiksu yang sedang dalam misi mengambil kitab suci ke barat.

Dilain tempat di khayangan terdapat seorang panglima khayangan yang karena ingin mendapatkan cinta seorang dewi, akhirnya berbuat banyak sekali kesalahan dan melanggar peraturan. Sehingga ia dihukum untuk turun ke bumi, namun dikarenakan ia melawan akhirnya ia salah masuk kedalam rahim seekor induk babi. Dan akhirnya ia pun tumbuh menjadi seekor siluman babi yang bernama Zu Baji.

Sementara dilain waktu ada seeorang perwira istana khayangan yang sangat tertarik akan benda-benda antik milik ratu khayangan, namun ia tidak sengaja memecahkan salah satu benda milik sang ratu. Dan ia pun dihukum untuk turun ke bumi dan menghadapi ratusan tusukan pedang di tubuhnya setiap harinya. Karena hukuman terasa berat akhirnya sang perwira pun sembunyi didalam sungai pasir, dan mulai memakan makhluk-makhluk disekitar sungai termasuk manusia. Dan ia pun dikenal sebagai sang siluman sungai Sa Wucing.

Waktupun berlalu dan telah melewati ratusan lamanya, dan di negeri bernama kerajaan Tong ada seorang bhiksu yang ditugaskan untuk mengambil salinan kitab suci di kuil yang berada dinegeri India (tempat asal ajaran agama Buddha) dan lokasinya dibarat kerajaan tersebut. Dalam perjalanannya menuju ke barat , yang dikenal dengan nama Xuan Zang.

Sang bhiksu pun menjalankan misinya untuk mengambil salinan kitab suci, dan pada saat perjalanan itu ia bertemu dengan Sun Wukong, Zu Baji dan Sa Wucing (satu persatu) dan mengangkat mereka jadi murid dan mengajarkan ilmu tentang agama kepada murid-muridnya. Selama perjalanan banyak halangan yang dihadapi dan banyak sekali kisahnya. Sehingga akhirnya mereka berhasil menyelesaikan misi dan menjadi Buddha.

Perlu kita ketahui kisah tersebut hanyalah kisah sebuah novel yang ditulis oleh seorang sastrawan yang berasal dari negeri tiongkok. Dan ketiga murid sang Bhiksu itu mencerminkah 3perilaku atau sifat buruk dari manusia, yaitu : Dosa (kebencian diwakili oleh Sun Wukong yang terkuat), Lobha (keserakahan atas hal-hal duniawi diwakili oleh Zu Baji), serta Moha (ketidak tahuan akan kebenaran diwakili oleh Sa Wucing).

Makna dari cerita tersebut adalah dalam upaya untuk mengikis Dosa, Lobha dan Moha tersebut amatlah berat, penuh halangan dan rintangan. Dan setelah berhasil mengikis habis hal-hal tersebut hasilnya akan sangat baik. Banyak yang keliru dan menganggap kisah perjalanan kebarat ini adalah kisah nyata pada zaman dahulu. Namun ada beberapa sumber yang menyebutkan kisah ini hanyalah novel yang diangkat dari mitologi dan legenda tiongkok pada zaman dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar