28 Feb 2015

Su Daji (Selir Raja Zhou penyebab kehancuran dinasti Shang)

Ilustrasi Su Daji
Kembali ke topik Fengshen Yanyi, kali ini kita membahas tentang Su Daji sang tokoh antagonis dalam kisah ini. Dikisahkan Daji adalah seorang puteri dari seorang gubernur bernama Su dari provinsi Yoshu (CMIIW) yang merupakan bagian dari kerajaan Shang yang dipimpin oleh kaisar Zhou.

Dikisahkan bahwa kaisar Zhou yang memiliki hasrat terhadap Dewi Nuwa mengumpulkan seluruh wanita cantik yang berada dikerajaannya, dan Daji pun diwajibkan ikut serta karena Daji terkenal dengan kecantikannya. Pada saat terkumpul itulah kaisar memilih wanita-wanita yang cantik untuk menjadi selirnya (pada masa itu kaisar biasa memiliki satu permasuri dan ratusan bahkan ribuan selir). Daji yang cantik dan memiliki paras seperti patung dewi Nuwa pun akhirnya terpilih menjadi salah satu selir sang kaisar.

Sementara itu  di khayangan Dewi Nuwa yang kesal terhadap kelakuan kaisar Zhou (baca kisah Dewi Nuwa dan Kaisar Zhou) mengutus salah satu peliharannya seekor rubah betina berusia seribu tahun untuk merasuki Daji dan membuat kaisar menjadi Korup dan lalim. Daji yang sudah menjadi selir kaisar dan sudah dirasuki rubah betina tersebut pun dengan cepat mengambil hati sang Kaisar karena kecantikan dan juga rayuannya, sehingga sang kaisar menuruti semua permintaan apapun yang Daji minta.

Dalam waktu singkat Kaisar Zhou yang memang dasarnya bersifat buruk berubah menjadi lalim dan korup karena pengaruh dari sang selir kesayangannya Su Daji. Karena sifat lalim dan korup itulah rakyat menjadi menderita dan banyak membuat para pejabat yang tadinya setia terhadap dinasti Shang satu persatu mulai memberontak atau bahkan mati karena ulah kaisar yang dipengaruhi oleh Daji. Sampai Jiang Ziya salah satu orang yang setia terhadap dinasti Shang pun pergi dari kerajaan dan mencari orang hebat dan bijak yang bisa menggulingkan kerajaan Shang.

Waktupun berlanjut dan Jiang Ziya pun bertemu dengan kaisar Wenwang dari kerajaan Zhou dan membantu membangun kerajaan Zhou menjadi lebih makmur dan kuat. Tiba pada saat kaisar Wenwang meninggal dan tahta kerajaan Zhou diteruskan oleh anaknya yang bernama Fawang(kadang disebut Wuwang) , kerajaan Zhou pun mulai membentuk pasukan dan menyerang kerajaan Shang untuk menggulingkannya.

Perang besarpun terjadi dan banyak jatuh korban dikedua belah pihak, baik dari Zhou ataupun Shang. Sampai akhirnya kerajaan Shang terdesak dan Su Daji pun tertangkap (di beberapa versi disebutkan Su Daji dipenggal oleh Jiang Ziya) dan kaisar Zhou bunuh diri karena kekalahannya dan runtuhlah dinasti Shang.

Siluman rubah pun berhasi menjalankan perintah dari Dewi Nuwa dan membuat hancur dinasti Shang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar