8 Feb 2015

Kisah Odysseus Pahlawan yang Cerdik dan Setia kepada Cintanya

Odysseus dikisahkan merupakan Raja Ithaca, sebuah wilayah di salah satu pulau Yunani. Odysseus memiliki istri bernama Penelope dan mempunyai seorang putra bernama Telemachus, Meskipun Odysseus menikah dengan Penelope, pada awalnya dia berusaha melamar sepupu Penelope, Helen of Troy.  Helen dikenal karena memiliki kecantikan yang menakjubkan. Dia didekati begitu banyak pelamar hingga ayah Helen merasa khawatir para pelamar akan murka saat Helen memilih salah satu diantaranya.

Odysseus memecahkan masalah ini dengan mengharuskan setiap pelamar mengambil sumpah untuk membela pemenang dari sayembara dan menjadi suami Helen. Setelah itu keluarlah Manelaus sebagai pemenang dan menjadi suami Helen, Odysseus dan para pelamar lain pun menjalankan sumpah tersebut. Karena Odysseus gagal mendapatkan Helen , maka ia melamar Penelope menjadi istrinya (parah juga si Ody ini gagal Helen , masih ngembat Penelope juga).

Kisah kaburnya Helen dan Paris menuju Troya, membuat Manelaus meminta bantuan seluruh peserta sayembara pada saat hendak melamar Helen. Dan Odysseus yang merupakan salah satu diantaranya harus menjalankan sumpahnya dan ikut dalam proses penyerangan terhadap Troya.

Kalau dalam perang Troya tokoh utamanya adalah Achilles, maka Odysseus memiliki kisah yang menarik setelah perang Troya. Yaitu pada saat itu pulang menuju Ithaca selepas perang Troya, kisah-kisah Odysseus antara lain sebagai berikut.

Perjalanan pulang tersebut tidaklah berjalan mulus karena kemarahan para dewa dewa olimpius kepada pasukan Odysseus yang banyak merusak kuil – kuil yang membuat para dewa murka ketika perang Troy. Sehingga perjalanan pulang Odysseus memakan waktu selama 10 tahun untuk menuju Itacha dan banyak mengalami halangan ataupun penderitaan yang hampir merengut nyawanya sampai pada akhirnya harus kehilangan seluruh anak buahnya.

Petualangan-petualangan Odysseus yang terkenal adalah ketika ia terjebak disebuah pulau antah berantah dan bertemu dengan Cyclops (bukan anggota X-men) raksasa bermata satu yang ingin memakan Odysseus dan anak buahnya. Disini dikisahkan Odysseus berhasil lolos karena dia dan anak buahnya mengikat diri pada domba-domba raksasa milik Cyclops sehinggi bisa keluar dari gua tempat tinggal sang Cyclops.

Ada juga kisah tentang bagaimana Odysseus dan anak buahnya bertemu dengan Siren (bukan istrinya teuke wisnu, Siren disini adalah putri duyung) yang adalah musuh pelaut. Karena Siren biasa menggoda para pelaut dengan nyanyian merdu serta kecantikannya, dan ketika pelaut sudah tergoda maka pelaut tersebut ditarik kedasar laut dan menjadi santapan Siren (wow ternyata putri duyung galak ya). Namun karena kesetiaan dan  cinta Odysseus terhadap Penelope, Odysseus sama sekali tidak tergoda (angkat jempol buat Ody) dan bisa lolos dari para Siren.

Setelah itu juga dikisahkan cerita tentang kesetian Odysseus terhadap Penelope (wah Ody ternyata setia) ketika ia dirayu oleh Dewi Lautan yang Cantik bernama Calypso, yang mana Calypso ingin menjadikan Odysseus sebagai suaminya dan menyekap Odysseus beserta seluruh anak buahnya. Namun karena kesetiaannya terhadap sang istri Penelope dan berkat kecerdikannya Odysseus berhasil lolos dari Calypso (Mantap Ody).

Lalu dengan bantuan dari Dewi Athena akhirnya Odysseus berhasil pulang ke Ithaca, tidak ada yang selamat selain Odysseus karena seluruh kapal dan anak buahnya mati dalam perjalan terakhirnya. Namun ketika sesampainya ia dia Ithaca , alangkah kagetnya Odysseus bahwa ternyata sudah banyak pria yang datang untuk melamar Penelope. Hal ini dikarenakan mereka menganggap Odysseus sudah meninggal dan Penelope sudah menjadi Janda (kasihan Ody dianggap sudah meninggal). Tapi untungnya Penelope yang tetap setia menunggu Odysseus tidak menerima lamaran dari siapapun, karena ia yakin Odysseus masih hidup. Lalu dengan bantuan anaknya Telemachus, Odysseus berhasil mengusir seluruh pelamar Penelope dan bisa kembali memerintah sebagai raja di Ithaca.

Wow ternyata Ody dan Pene sama-sama setia, tidak percuma Ody menolak dewi Calypso , melakukan perjalanan maha berat semua itu hanya karena Cinta. Mungkin kalau kata kokoh Delon, Semuaaaaaaaa Karena Cintaaaaaaaaaaaaaaaaaaa................................

1 komentar:

  1. makasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi website resmi kami http://bit.ly/2QK3RQE

    BalasHapus