4 Feb 2015

Senjata-senjata Raja/Adipati Angga Karna

Ilustrasi senjata Karna
Dari sekian banyak tokoh dalam wiracitra mahabharata, masing-masing tokoh memiliki senjata-senjata andalannya yang biasa digunakan. Pada kesempatan kali ini penulis akan menuliskan senjata-senjata yang dimiliki oleh Raja/Adipati Angga Karna sang putra Dewa Surya.

1. Busur Wijaya
    Busur Wijaya ini adalah pemberian dari guru Karna yaitu Parasurama, banyak kisah dan literatur yang menyebutkan busur ini dulunya adalah milik Mahadewa atau Shiwa yang entah bagaimana bisa dipegang oleh Parasurama (penulis masih belum mendapatkan kecocokan literaturnya). Pada beberapa versi Mahabharata baik di pewayangan Indonesia atau cerita dari India, busur Wijaya ini hanya dipakai Karna pada saat perang MahaBharata.



2. Panah taksaka
    Sebenarnya hanya anak panah biasa , namun karena dimasuki oleh Taksaka si Raja Ular/Naga panah ini menjadi panah sakti yang setara kemampuannya dengan senjata-senjata dewa. Panah ini "terpaksa" digunakan oleh Karna yang dihasut untuk oleh Duyodana dan Sangkuni agar dapat membunuh Arjuna. Namun ketika panah dilesakkan Arjuna ditolong oleh Kresna yang membuat keretanya amblas ketanah dan panah Taksaka inipun meleset. Taksaka yang ingin membunuh Arjuna memohon kembali kepada Karna agar kembali bisa masuk ke Panahnya yang lain, namun hal tersebut tidak dikabulkan.

3. Tombak Konta / Vasavi Shakti
    Senjata dewa hadiah dari Dewa Indra, yang diberikan kepada Karna sebagai pertukaran dari Baju dan Anting (Khundal dan Khavac) yang merupakan anugrah dari Dewa Surya. Konta ini sesuai janji Dewa Indra hanya dapat digunakan 1x dan tidak akan pernah meleset mengenai targetnya, jadi siapapun target yang disebut namanya ketika Konta hendak dilepaskan pasti akan terkena dan terbunuh. Pada awalnya senjata ini akan digunakan Karna untuk membunuh Arjuna, namun dikarena adanya GatotKaca yang menyerang perkemahan Kurawa pada malam hari dan juga karena "dipaksa" oleh Duyodana dan Sangkuni maka senjata ini ditembakkan kearah GatotKaca dan membunuh GatotKaca seketika.

4. Brahmastra
    Senjata dewa milik Brahma, yang kemampuannya konon katanya seperti Nuklir. Pada era Mahabharata itu hanya beberapa orang saja yang bisa memanggil senjata itu yaitu : Parasurama, Bisma, Drona, Karna, Arjuna,  dan Aswatama. Namun senjata ini tidak pernah digunakan Karna, disebabkan ia kehilangan semua kemampuan dan ilmu yang ia pelajari dari Parasurama karena terkena Kutukan dari Parasurama.

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Busur Wijaya diberikan Parasurama yg menyesal telah mengutuk Karna akan lupa mantra-mantra kesaktiannya saat dibutuhkan. Niscaya selama busur sakti Wijaya dalam genggaman Karna takkan terkalahkan oleh dewa sekalipun. Karena kelicikan Khrisna, Karna terpaksa melepas busur Wijaya karena tangannya dipakai mengangkat roda kereta, saat itu tumpaslah Karna terpapas Pasopati yg dilepas Arjuna.

    BalasHapus