5 Feb 2015

Senjata-senjata Arjuna

Ilustrasi senjata Arjuna
Karena banyak yang protes kepada penulis, kok yang dibahas Karna melolo bahkan penulis sampai lengkap menuliskan senjata-senjatanya Karna (mentang-mentang namanya sama). Akhirnya penulis mencoba menuliskan Senjata-senjata yang dimiliki oleh Arjuna , musuh terbesar Karna (sekaligus Adiknya Karna).

1. Busur Gandiwa dan tabung Panah yang tidak pernah habis
    Busur Gandiwa adalah senjata buatan Dewa Brahma , yang didapatkan Arjuna atas petunjuk dari Dewa Agni (api) pada saat hendak membuka hutan Kandawa.  Dikarenakan didalam hutan tersebut ada Raja Ular Taksaka yang dibantu/dilindungi oleh Dewa Indra, sehingga kemampuan para pandawa saat itu belom mampu untuk membuka hutan tersebut.

2. Panah Pasopati / Pashupatastra
    Adalah anak panah pemberian dari Mahadewa Shiwa kepada Arjuna ketika ia berlatih bersama Mahadewa. Arti dari kata Pasopati sendiri adalah "pasti mati", panah ini merupakan senjata andalan Arjuna serta panah ini dapat digunakan berkali-kali. Beberapa tokoh kubu Kurawa yang mati oleh Panah ini adalah : Jayadrata dan Ayahnya, Adipati Karna.

3. Brahmastra
    Senjata dewa milik Brahma, yang kemampuannya konon katanya seperti Nuklir. Pada era Mahabharata itu hanya beberapa orang saja yang bisa memanggil senjata itu yaitu : Parasurama, Bisma, Drona, Karna, Arjuna,  dan Aswatama. Senjata ini sekali akan dilepaskan Arjuna untuk menghalau Brahmastra milik aswatama yang hendak menghancurkan Kurusetra dikala perang sudah berakhir.

Nah itulah senjata-senjata andalan yang dimiliki Arjuna
   

4 komentar:

  1. Jayadrata dan Ayahnya, Adipati Karna - apakah ini maksudnya Karna adalah ayah Jayadrata? Bila yang dimaksud Begawan Sempani (Sapwani), setau saya kematiannya bukan oleh panah Arjuna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya adalah 1.Jayadraya 2.ayahnya (ayah Jayadrata) 3.Adipati Karna

      Hapus
  2. Jayadrata dan Ayahnya, Adipati Karna - apakah ini maksudnya Karna adalah ayah Jayadrata? Bila yang dimaksud Begawan Sempani (Sapwani), setau saya kematiannya bukan oleh panah Arjuna.

    BalasHapus